Rabu, 03 Februari 2010

Melakukan gerakan Surya Namaskhara

Surya Namaskhara adalah sebuah gerakan yoga yang paling mendasar. Gerakan ini memberi banyak manfaat mulai dari tangan, lengan, leher, kaki dan perut. Jika waktu yang kita miliki terbatas di pagi hari maka Surya Namaskhara adalah yoga yang saya anjurkan untuk dilakukan.

Sebelum memulai Surya Namaskhara kita harus melakuan gerakan pemanasan untuk menghindari kran otot pada saat melakukan yoga ini. Kita bisa melakukan kegiatan pemanasan yang kita sukai dan akan lebih baik jika kondisi perut kita dalam keadaan kosong. Jika kondisi perut kita dalam keadaan penuh maka kegiatan ini akan membuat kita sedikit mual ataupun muntah. Setelah melakukan pemanasan, langkah berikutnya adalah mempersiapkan matras ataupun alas yang lembut seukuran panjang tubuh kita untuk yoga.

Surya Namaskhara adalah gerakan menghormat kepada matahari jadi biasanya dilakukan di pagi hari menghadap ke timur. Gerakan ini diawali dengan mencakupkan kedua tangan di depan dada, atur aliran masuk dan keluarnya nafas secara perlahan - lahan. Lakukan penghitungan dalam hati untuk setiap gerakan yang kita lakukan antara 5 sampai 10 hitungan. Angkat tangan sampai atas kepala dengan posisi kedua ibu jari menempel satu sama lain, kepala menengadah dan tangan mengikuti gerakan kepala, atur nafas dan tetap hitung dalam hati lamanya gerakan yang kita lakukan. Setelah itu posisi badan membungkuk dengan telapak tangan menyentuh alas yoga dan posisi muka mencium lutut. Kemudian dilanjutkan dengan posisi kuda yaitu satu kaki diselonjorkan lurus ke belakang dan satunya lagi dilipat seperti posisi kita sedang berjongkok. Tangan dibiarkan lurus ke bawah keduanya, kepala menengadah. Tetap atur nafas dan hitung lamanya gerakan. Langkah berikutnya adalah membentuk posisi gunung yaitu kedua telapak tangan menempel di alas begitu juga kedua telapak kaki, posisi pantat sebagai puncak gunungnya dan posisi kepala masuk diantara kedua lengan.
Gerakan dilanjutkan dengan menekukkan kedua kaki hingga bagian lutut ke bawah menempael pada matras, siku dan lengan bawah hingga telapak tangan menempel pada matras. Posisi wajah menghadap ke depan dengan dagu menempel pada matras. Tahan posisi ini dalam beberapa hitungan kemudian lanjutkan dengan posisi kobra yaitu posisi kepala menengadah ke atas, tangan lurus dengan telapak tangan menempel di matras untuk menopang badan, bagian tubuh bawah dari pinggang hingga bagia kaki lurus ke belakang. Tetap atur masuk dan keluarnya nafas. Sampai saat ini masih kuat untuk melanjutkan ya :-)

Ok posisi selanjutnya adalah membentuk posisi gunung, kemudian dilanjutkan dengan posisi kuda dengan menggunakan kaki yang satunya lagi. Tahan beberapa hitungan dan berlanjut dengan posisi cium lutut dalam keadaan berdiri seperti saat memulai gerakan ini. Angkat kedua tangan hingga diatas kepala dengan posisi telapak tangan menghadap ke depan dan kedua ibu jari menempel satu sama lain. Tahan dalam beberapa hitungan kemudian diakhiri dengan posisi tangan dicakupkan di depan dada. Akhirnya sukses deh melakukan satu kali gerakan Surya Namaskhara.
Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali setiap hari dan rasakan manfaatnya bagi tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar