Jumat, 05 Februari 2010

Macam Gerakan Yoga Sederhana

Ada berbagai macam bentuk yoga yang bisa dilakukan di pagi hari. Semua bergantung pada waktu yang kita miliki untuk melakukan gerakan – gerakan yoga tersebut. Setiap gerakan memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda bagi tubuh kita.

Untuk kaum wanita, ada berbagai jenis gerakan yoga sederhana yang dapat dilakukan yang akan memberikan manfaat besar. Beberapa diantara gerakan yoga sederhana yang bisa dilakukan oleh para wanita:

 VAJRASANA
Kita mengambil sikap duduk bersimpuh dengan punggung lurus dan kedua tangan dibiarkan bebas di atas lutut. Yoga jenis ini berfungsi untuk membuat tulang punggung menjadi kuat dan teguh. Sebagai wanita tentu ingin selalu memiliki badan yang tegap dan tidak bungkuk. Lakukan gerakan yoga ini dengan beberapa hitungan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

 ARDHA MATSYENDRASANA
Lipat kaki kiri seperti orang bersimpuh dan kaki kanan menyilang diatas kaki kiri yang bersimpuh tadi. Posisi badan miring kesamping kanan disertai dengan kepala yang juga menghadap ke kanan. Posisi tangan kiri menyilang diatas posisi kaki kanan yang menyilang tadi. Tangan kanan dilipat ke belakang. Tetaplah dalam posisi tersebut untuk beberapa hitungan kemudian gantilah posisi dengan menggunakan tangan dan kaki yang berlawan dengan gerakan tadi. Lakukan gerakan ini beberapa kali. Gerakan ini berfungsi untuk melemaskan tulang punggung dan memberi pijatan pada alat – alat perut. Selain itu gerakan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan sakit pinggang, memperbaiki pencernaan dan memperbaiki nafsu makan.

 VIPAREETAKKARANI MUDRA
Kita mengambil posisi tidur terlentang kemudian angkat bokong dan pinggang, kemudian kedua tangan kita membentuk siku – siku untuk menahan bokong kita. Tahan posisi ini untuk beberapa hitungan. Gerakan ini bermanfaat untuk melenyapkan keriput – keriput di air muka dan memperlambat tumbuhnya uban.

 PADAHASTASANA
Bungkukkan badan sementara posisi kaki tetap tegak, kedua telapak tangan menempel pada lantai tepat di depan ibu jari kaki. Lengkekkan perut bagain bawah agar posisi tangan kita bisa menempel di lantai. Gerakan ini akan membantu mengencangkan urat – urat pada kaki belakang. Tahan posisi ini untuk beberapa hitungan. Gerakan ini berfungsi untuk menghilangkan sikap malas, menjadikan badan terasa ringan dan membakar lemak pada bagian perut bawah. Selain itu, gerakan ini juga bisa membersihkan urat sungsum dan mengatasi sakit pinggang.


 PASCHIMOTTASNASANA
Ambil posisi duduk dengan kedua kaki diselonjorkan ke depan. Kemudian ambil posisi cium lutut dan posisi tangan memegang erat pergelangan kaki. Tahan gerakan ini selama beberapa hitungan. Gerakan ini bermanfaat bagi wanita yang datang bulannya tidak lancar ataupun yang menderita keputihan. Selain itu, gerakan yoga ini juga dapat menguatkan organ – organ dalam perut, menghilangkan perut kembung, membantu mengatasi ambeien serta menjaga keseimbangan kadar gula darah. Urat – urat pinggang yang kaku serta gangguan pencernaan juga dapat diatasi dengan melakukan gerakan yoga jenis ini.

 JANUSIRASANA
Posisi awal yang diambil sama seperti posisi paschimottasnasana yaitu duduk dengan kedua kaki diselonjorkan ke depan. Kemudian lipat kaki kiri seperti posisi kita duduk bersila dan badan dibungkukkan hingga mencium lutut kaki kanan yang masih berselonjor. Kedua tangan memegang erat telapak kaki kanan. Tahan posisi ini untuk beberapa hitungan kemudian ganti dengan posisi kaki yang lain. Asana jenis ini bermanfaat untuk memperbaiki system pencernaan, mengatasi gangguan kencing dan berbagai gangguan dalam perut.

 HALASANA
Mengambil posisi tubuh tidur terlentang dengan kedua telapak tangan menghadap ke lantai. Angkat kaki perlahan – lahan hingga melewati kepala dan kedua ujung kaki menyentuh lantai yang ada dibelakang kepala kita. Tahan posisi ini beberapa hitungan. Asana jenis ini bermanfaat untuk membuat badan menjadi lebih gesit, melemaskan otot – otot yang keras dan membantu melancarkan aliran darah.

 CHAKRASANA
Gerakan yoga sederhana yang bisa dilakukan adalah mengambil posisi kayang. Ya, posisi kayang seperti yang biasa kita lakukan saat kita di sekolah dasar. Posisi yoga seperti ini bermanfaat untuk menguatkan otot lengan, otot kaki dan otot perut.

Setelah melakukan gerakan – gerakan yoga, kita perlu mengakhiri dengan pengaturan nafas yang baik. Ambil posisi duduk bersila kemudian tutup satu lubang hidung dengan menggunakan jari, tarik nafas yang panjang, tahan hingga beberapa hitungan lalu keluarkan. Lakukan beberapa kali kemudian ganti dengan posisi lubang hidung yang lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat dari setiap gerakn yoga sederhana diatas, kita perlu melakukannya secara rutin. Pilih beberapa gerakan yoga yang kita sukai dan lakukan dengan rutin dan rasakan manfaat yang dihasilkan.

Selamat Mencoba......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar